Manfaat Jeruk Nipis

Manfaat Jeruk Nipis

By Habibie Burhani

Manfaat Jeruk Nipis bagi Manusia

Ditinjau dari sisi kesehatan dan kecantikan

Manfaat Jeruk Nipis

Manfaat Jeruk Nipis

 

Mengenal Jeruk Nipis

 Jeruk nipis adalah jenis jeruk yang merupakan varian berukuran kecil, berwarna hijau yang sangat akrab dengan ibu-ibu rumah tangga. Jeruk nipis menjadi salah satu bumbu penambah rasa asam dalam masakan. Jeruk nipis atau jeruk limau atau secara salah kaprah ada yang mengatakan jeruk lemon ini merupakan tumbuhan yang dimanfaatkan buahnya untuk berbagai kebutuhan manusia, seperti memasak yang dijadikan bumbu penyedap atau pemasam kuah, perawatan kulit yang bermasalah, membantu menurunkan berat badan, dan yang pasti menunjang kesehatan tubuh secara maksimal dari dalam.
Buah ini mengandung vitamin C paling tinggi yang sudah dikenal oleh masyarakat dunia dibandingkan jenis jeruk lain. Kandungan jeruk nipis lain misalnya vitamin C, karbohidrat, serat pangan, lemak, protein, kalsium, asam folat, vitamin B1, B2, B3, B5, dan mineral seperti zat besi, fosfor, magnesium, kalium, seng, dan gula. Terdapat pula kandungan asam sitrat yang menciptakan rasa asam. Air buah jeruk nipis ini sering digunakan untuk menetralisir bau amis pada beberapa bahan makanan. Dibalik semua itu ternyata manfaat jeruk nipis sangatlah banyak. Dalam tulisan ini akan dijelaskan mengenai manfaat jeruk nipis dan hal ihwal yang berkaitan dengan hal manfaat jeruk nipis tersebut.

Kandungan Nutrisi Jeruk Nipis – Manfaat Jeruk Nipis

Di dalam jeruk nipis terdapat sejumlah kandungan yang membuatnya memiliki sejuta manfaat yakni :

Satu cangkir air jeruk nipis segar mengandung :

  • 1 gram protein,
  • 0,17 gram total lemak
  • 20 gram karbohidrat,
  • 1 gram serat
  • 60 kalori
  • 73 miligram Vitamin C
  • kalsium, magnesium, kalium, fosfor, vitamin A dan vitamin

Jeruk Nipis Kaya flavonoid
Flavonoid adalah pigmen yang memberikan warna tanaman mereka. Buah jeruk dan jus mereka kaya flavonoid, yang bertindak sebagai antioksidan kuat. Antioksidan membantu melindungi tubuh Anda dari radikal bebas, yang merupakan molekul tidak stabil yang merusak sel-sel sehat. Menurut Linus Pauling Institute, diet kaya flavonoid terkait dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular, penyakit saraf degeneratif seperti Alzheimer dan penyakit Parkinson, dan kanker tertentu.

Jeruk Nipis Kaya Kandungan Asam sitrat
Asam sitrat inilah yang membuat rasa asam getir jeruk nipis yang mungkin memberikan perlindungan berharga bagi tubuh. Dalam sebuah studi yang menyelidiki aktivitas antibakteri dari air jeruk nipis terhadap spesies bakteri berbahaya, air jeruk nipis efektif dalam mengurangi penyebaran bakteri karena asam sitrat dalam jus.

Jeruk Nipis Kaya Kandungan Mineral
Jeruk nipis mengandung sejumlah mineral sehat seperti besi, tembaga, kalium, dan kalsium. Kalium dalam sebuah komponen penting dari sel dan cairan tubuh membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Manfaat jeruk nipis bagi kesehatan sebagai buah nomer satu di dunia, ia sangat ampuh untuk berbagai masalah kulit bahkan kesehatan sekalipun.
1. Pencernaan
Jeruk nipis mengandung aroma yang dapat merangsang mulut menghasilkan air liur. Kondisi ini sangat membantu sistem pencernaan kita. Keasaman alami akan mengeksktrak molekul makro makanan. Kemudian flavonoid akan merangsang sistem pencernaan dan meningkatkan sekresi cairan pencernaan, empedu dan asam.

2. Diabetes
Dari American Diabetes Association, jeruk nipis dianggap sebagai wonder food untuk diabetes. Terutama, serat larut yang tinggi ditemukan dalam jeruk nipis membuat bantuan makanan yang ideal untuk membantu mengatur penyerapan tubuh dari gula ke dalam aliran darah, mengurangi terjadinya lonjakan gula darah yang merupakan risiko serius untuk pasien diabetes.

3. Penyakit Jantung
Kandungan serat larut yang sama dapat membantu orang yang mengidap diabetes dalam hal menjaga kadar gula darah. Selain itu serat larut ini membuat tekanan darah juga lebih rendah dan menghilangkan keberadaan kolesterol LDL. Selanjutnya, serat larut dapat mengurangi peradangan pada pembuluh darah, yang merupakan tindakan pencegahan yang dikenal terhadap penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.

4. Gangguan Pernapasan
Minyak flavonoid yang diekstrak dari jeruk nipis secara luas digunakan dalam obat-obatan anti-kongestif seperti balm, alat penguap, dan inhaler karena adanya kaempferol. Hanya dengan menghirup aromanya, dapat membantu mengatasi rasa sesak dan mual.

5. Radang Sendi

Asam sitrat ditemukan dalam buah jeruk seperti jeruk nipis adalah pelarut dimana asam urat dapat larut, meningkatkan jumlah yang dieliminasi dalam urin. Buah jeruk pada umumnya memiliki sifat anti inflamasi, dan dapat digunakan untuk sejumlah isu peradangan.

6. Demam
Apabila seseorang mengalami sakit demam, maka air perasan jeruk nipis dapat menjadi obatnya. Vitamin C, ditemukan dalam konsentrasi tinggi dalam buah jeruk nipis, secara alami dapat menurunkan suhu tubuh.

7. Asam Urat
Ada dua penyebab utama sakit asam urat. Sumber pertama adalah menumpuknya jumlah radikal bebas dalam tubuh dan yang kedua adalah menumpuknya racun dalam tubuh, asam urat terutama. Jeruk nipis dapat membantu mencegah kedua penyebab ini. Ini adalah sumber antioksidan dan pendetoks (vitamin-C & Flavonoid) yang mengurangi jumlah radikal bebas serta detoksifikasi tubuh.

8. Gangguan kemih
Kandungan kalium yang tinggi dari jeruk nipis sangat efektif dalam menghilangkan zat beracun dan endapan yang bisa disimpan di ginjal dan kandung kemih. Sifat disinfektan jeruk nipis juga membantu menyembuhkan infeksi pada sistem kemih. Selain itu, dapat membersihkan penyumbatan air seni yang dapat berasal dari endapan kalsium dalam saluran kemih.

9. Anti Kanker
Jeruk nipis merupakan buah yang kaya akan kandungan zat anti kanker yaitu flavonoid yang berperan membunuh dan mencegah kerusakan sel. Jadi tidak ada salahnya jika anda mencoba mengkonsumsi jeruk nipis secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

 

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan Kulit

Manfaat jeruk nipis dikenal karena efeknya yang amazing pada kulit. Air jeruk nipis, apakah dikonsumsi langsung atau dioleskan memberikan manfaat berikut pada kulit :

1. Menghilangkan Noda Hitam

Air jeruk nipis dianggap sebagai agen pemutih alami karena sifatnya yang ringan pada kulit. Jeruk nipis dapat digunakan untuk meringankan bintik-bintik gelap. Berikut ini beberapa cara menerapkan manfaat jeruk nipis :

Terapkan air jeruk nipis pada kapas dan oleskan ke bagian gelap pada kulit dan biarkan selama 30 menit.
Pastikan untuk tetap tinggal di dalam rumah dan hindari kontak langsung dengan sinar matahari, karena air jeruk nipis dapat membuat kulit sensitif terhadap sinar matahari.
Disarankan untuk menerapkan tabir surya sebelum keluar rumah
2. Jerawat dan Bekas Noda

Jerawat dan noda yang disebabkan oleh kotoran, minyak dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori wajah. Jerawat adalah masalah yang sering terjadi pada orang dengan kulit yang cenderung berminyak. Selain itu, bakteri yang hadir pada pori-pori wajah akan memperburuk peradangan, meningkatkan kemerahan dan nyeri.

Sifat antibiotik jeruk nipis menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan jerawat. Untuk menjaga jerawat, dapat dikombinasikan dengan madu. Sementara manfaat madu memiliki sifat anti bakteri yang mencegah pertumbuhan bakteri, sifat asam dari jeruk nipis akan mengontrol kelebihan minyak.

Lakukan perawatan wajah ini setiap minggu untuk menghilangkan jerawat Bekas luka jerawat, dapat diringankan dengan memijat bagian kulit wajah dengan air jeruk nipis segar.

 

3. Anti Penuaan

Perkembangan usia dan juga paparan sinar UV matahari, membentuk melanin yang berpengaruh terhadap warna pada kulit. Kemudian akumulasi melanin pada kulit ini, menimbulkan bintik-bintik gelap dan menimbilkan tanda-tanda penuaan. Untuk mendapatkan menfaat jeruk nipis untuk menghambat produksi melanin, dapat dilakukan seperti berikut :

Kupas jeruk nipis dan gosok pada kulit. Atau terapkan masker alami dengan kulit jeruk nipis, yang secara signifikan mengurangi pigmentasi berlebihan
4. Mengencangkan Pori-pori

Astringent efektif dalam mengecangkan otot-otot sementara. Itulah alasan mengapa mereka sering digunakan dalam produk kecantikan dan perawatan kulit untuk meningkatkan penampilan kulit wajah. Minyak jeruk nipis memiliki sifat astringent dan dapat digunakan untuk mengencangkan pori-pori, sehingga mengurangi produksi minyak untuk memberikan kulit yang lebih cerah dan sempurna.

5. Menghilangkan Sel Kulit Mati

Asam sitrat hadir dalam kulit jeruk nipis, yang sangat berguna untuk mengelupaskan sel kulit mati. Jeruk nipis sering digunakan dalam perawatan kecantikan di spa serta pengobatan rumah untuk meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit wajah.

6. Kulit Bersinar

Untuk kulit bercahaya, semua yang perlu dilakukan adalah mengoleskan kulit, dengan segelas air hangat yang dicampur madu dan perasan jeruk nipis setiap pagi secara teratur. Hal ini akan memberikan cahaya alami kulit.

7. Mengatasi Flek Hitam

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menimbulkan flek hitam kulit. Jeruk nipis dapat digunakan untuk menghapus flek ini secara efektif. Yang perlu dilakukan adalah mencampur tepung dengan menambahkan beberapa air jeruk nipis ke dalam campurannya. Oleskan pasta ini secara merata pada kulit dan biarkan hingga kering. Cuci muka dengan air dan keringkan. Perawatan wajah ini harus dilakukan setiap minggu untuk hasil yang lebih baik.

8. Mengatasi Pori-pori Membesar

Astringent sering digunakan dalam kecantikan dan perawatan kulit produk untuk meningkatkan penampilan kulit wajah. Jeruk nipis memiliki sifat astringent dan dapat digunakan untuk mengencangkan pori-pori. Hal ini untuk sementara mengurangi produksi minyak berlebih untuk membuat kulit lebih cerah.

9. Menjaga Kelembaban Alami Kulit

Perasaan jeruk nipis ditambah dengan manfaat putih telur dapat dijadikan masker jeruk nipis, untuk mempertahankan kelembapan kulit.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Rambut

1. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Jeruk nipis bermanfaat dalam meningkatkan pertumbuhan rambut. Hal ini telah digunakan untuk mengobati kebotakan, rambut menipis dan kerontokan rambut masalah untuk usia sekarang. Nutrisi utama yang mendorong pertumbuhan rambut adalah vitamin C, yang hadir dalam jeruk nipis dalam jumlah besar. Air jeruk nipis dapat digunakan untuk mengoptimalkan pertumbuhan rambut.

2. Membuat Rambut berkilau

Rambut yang berkilau sangat diinginkan oleh semua wanita dan jeruk nipis dapat membuat rambut menjadi apa yang banyak orang inginkan. Air jeruk nipis yang digunakan bersama dengan madu dan campuran minyak zaitun sebelum mencuci rambut, dapat memberikan kilau rambut alami. Jeruk nipis yang tergabung dalam shampoo bersama dengan bahan penting lainnya dapat membuat rambut halus dan bersinar.

3. Mencerahkan warna rambut

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, air jeruk nipis memiliki sifat keringanan alami. Jika ingin warna rambut menjadi lebih cerah tanpa menggunakan bahan kimia, air jeruk nipis bisa menjadi pilihan. Yang perlu diakukan adalah menerapkan air jeruk nipis pada rambut dan duduk di bawah sinar matahari selama satu jam atau mengekspos rambut pada sinar matahari. Kemudian, bilas rambut. Treatment ini akan membuat rambut menjadi lebih cerah.

4. Menghilangkan Ketombe

Khasiat jeruk nipis banyak digunakan untuk masalah rambut seperti ketombe dan kerontokan. Caranya cukup mudah, basuhlah rambut dengan air hangat yang sudah dicampur dengan air perasan jeruk nipis. Diamkan rambut sebentar dan bilas lagi dengan air dingin sampai bersih, dianjurkan untuk membilas rambut dengan sampo yang mengandung jeruk nipis, untuk menambah kesegaran.

 

Copyright Manfaat Jeruk Nipis

Cek juga >>>>

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.