Manfaat Alang Alang

Manfaat Alang Alang

By Habibie Burhani

Manfaat Alang Alang

Manfaat Alang Alang

Manfaat Alang Alang

Manfaat Alang Alang

Manfaat Alang Alang >>> Alang alang atau dalam nama ilmiahnya Imperata cylindrica, dan ditempatkan dalam anak suku Panicoideae. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai bladygrass, cogongrass, speargrass, silver-spike atau secara umum disebut satintail, mengacu pada malai bunganya yang berambut putih halus. Manfaat alang alang ini banyak sekali dan luar biasa. Walau sederhana dan mudah diperoleh manfaat alang alang ini sangat baik buat menyembuhkan berbagai penyakit. Maka dari itu dalam tulisan ini akan dibahas mengenai Manfaat Alang Alang dan segala rupa yang berhubungan dengan manfaat alang alang ini.

 

MANFAAT ALANG ALANG (Imperata cylindrica(L) Beauv.var.mayor(Nees) C.E.Hubb)


Khasiat :
Meluruhkan air seni, pereda rasa nyeri, dan menurunkan tekanan darah tinggi

Bagian yang digunakan untuk obat:
Akar atau rimpang


Cara Pengobatan :
20-30 gram rimpang kering direbus dengan 4 gelas air hingga tersisa 1,5 gelas. Setelah dingin disaring, diminum 3 kali sehari masing-masing setengah gelas.

Manfaat Alang Alang

Manfaat Alang Alang

Manfaat Alang Alang

Pada umumnya tanaman alang alang digunakan untuk melindungi lahan-lahan terbuka yang mudah tererosi. Kecepatan tumbuh, jalinan rimpang alang alang di bawah tanah, serta tutupan daunnya yang rapat, memberikan manfaat perlindungan yang dibutuhkan itu.

Di Pulau Dewata dan wilayah Indonesia bagian Timur umumnya, daun alang alang yang dikeringkan dan dikebat dalam berkas-berkas digunakan sebagai bahan atap rumah dan bangunan lainnya. Daun alang alang juga kerap digunakan sebagai mulsa untuk melindungi tanah di lahan pertanian. Serat halus dari malai bunganya kadang-kadang digunakan sebagai pengganti kapuk, untuk mengisi alas tidur atau bantal.

Rimpang dan akar alang alang kerap digunakan sebagai bahan obat tradisional, untuk meluruhkan kencing (diuretika), mengobati demam dan lain-lain.

 

Penaman Alang Alang

Alang alang dapat berkembangbiak dengan cepat, dengan benih-benihnya yang mudah sekali tersebar cepat bersama angin, atau melalui rimpangnya yang mudah sekali menembus tanah yang gembur. Ini semua berlawanan dengan anggapan umum, alang alang tidak suka tumbuh di tanah yang miskin, gersang atau berbatu-batu. Rumput ini senang dengan tanah-tanah yang cukup subur, banyak disinari matahari sampai agak teduh, dengan kondisi lembap atau kering. Di tanah-tanah yang becek atau terendam, atau yang senantiasa ternaungi, alang alang pun tak mau tumbuh. Gulma ini dengan segera menguasai lahan bekas hutan yang rusak dan terbuka, bekas ladang, sawah yang mengering, tepi jalan dan lain-lain. Di tempat-tempat semacam itu alang alang dapat tumbuh dominan dan menutupi areal yang luas.

 

CEK JUGA >>>Manfaat Alang Alang

Leave a Reply

Your email address will not be published.